PENELITIAN



Dosen : H. MIFTAHUL HUDA, DR.
Subyek : strategi pemasaran
Judul : Pengaruh Lingkungan Internal Terhadap Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Industri Jasa Konstruksi Kualifikasi Menengah dan Kecil Di Indonesia
Deskripsi : Strategi Pemasaran adalah macam strategi pemasaran spesifik yang diterapkan oleh perusahaan industri jasa konstruksi guna mencapai tujuan perusahaan secara optimal. Strategi pemasaran membangun keunggulan bersaing dengan mengkombinasi strategi untuk mempengaruhi konsumen, dan keberhasilan strategi pemasaran yang menunjukkan eratnya hubungan antara strategi bisnis dan pemasaran. Untuk mencapai kinerja perusahaan industri jasa konstruksi yang optimal, perusahaan harus memperhatikan lingkungannya, baik lingkungan internal, industri maupun lingkungan eksternal. Jenis industri jasa konstruksi berdasarkan kelasnya terbagi menjadi tiga, yaitu : besar, menengah, dan kecil. Konstraktor kualifikasi besar (B) adalah perusahaan yang mampu mengerjakan proyek dengan nilai di atas 10 (sepuluh) milyar rupiah, kualifikasi menengah (M) mampu mengerjakan proyek senilai 1 (satu) sampai dengan 10 (sepuluh) milyar rupiah, sedangkan kualifikasi kecil (K) adalah mampu mengerjakan proyek di bawah 1 milyar rupiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel lingkungan internal yang meliputi : sumber daya keuangan, sumber daya organisasi, sumber daya fisik, sumber daya, sumber daya inovasi, dan sumber daya reputasi, berpengaruh positif dan signifikan terhadap strategi pemasaran pada perusahaan industri jasa konstruksi kualifikasi menengah dan kecil di Indonesia. Dengan demikian semakin baik (semakin mendukung) lingkungan internal yang dimiliki perusahaan maka strategi pemasaran akan cenderung meningkat atau menjadi lebih baik.
Tahun Penelitian : 2008
Permalink : http://ejournal.uwks.ac.id/detaildosen.aspx?noid=102017101016338294
Penerbit : Institut Pertanian Malang
File Download :