Deskripsi :
|
Strategi Pemasaran adalah macam strategi pemasaran spesifik yang diterapkan oleh perusahaan industri jasa konstruksi guna mencapai tujuan perusahaan secara optimal. Strategi pemasaran membangun keunggulan bersaing dengan mengkombinasi strategi untuk mempengaruhi konsumen, dan keberhasilan strategi pemasaran yang menunjukkan eratnya hubungan antara strategi bisnis dan pemasaran. Jenis industri jasa konstruksi berdasarkan kelasnya terbagi menjadi tiga, yaitu : besar, menengah, dan kecil. Kontraktor kualifikasi besar (B) adalah perusahaan yang mampu mengerjakan proyek dengan nilai di atas 10 (sepuluh) milyar rupiah, kuakifikasi menengah (M) mampu mengerjakan proyek senilai 1 (satu) sampai dengan 10 (sepuluh) milyar rupiah, sedangkan kualifikasi kecil (K) adalah mampu mengerjakan proyek di bawah 1 milyar rupiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel strategi pemasaran yang meliputi : harga, mutu, waktu, fleksibilitas, relationship, dan aliansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan pada perusahaan industri jasa konstruksi kualifikasi menengah dan kecil di Indonesia. Dengan demikian semakin baik (sesuai) strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan maka kinerja perusahaan akan cenderung meningkat.
|